Konsep Dasar Sistem informasi | Tugas Kuliah

Konsep Dasar Sistem informasi

Konsep Dasar Sistem informasi

Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan – laporan yang diperlukan.

                        Komponen Sistem Informasi

Komponen sistem informasi yang disebut  blok bangunan yaitu : blok masukan, blok model, blok keluaran, blok teknologi, blok basis data dan blok kendali. Keenam blok tersebut saling berinteraksi satu dengan yang lainnya membentuk satu kesatuan untuk mencapai sasarannya.
a)      Blok masukan.
Masukan mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi. Yang dimaksud dengan input termasuk metode dan media untuk memperoleh data yang akan dimasukkan bisa berupa dokumen besar.
b)      Blok Model.
Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematik yang akan memanipulasi data masukan dan data yang tersimpan dalam basis data untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
c)      Blok keluaran.
Produk dari sistem informasi adalah keluaran berupa informasi  yang berkualits dan dokumentasi yang berguna untuk semua pemakai sistem.
d)     Blok Teknologi
Teknologi merupakan kotak alat dalam sistem informasi. Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data,menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan. Teknologi terdiri dari 3 bagian utama yaitu teknisi (brainware), perangkat lunak (software), dan perangkat keras (hardware).
e)      Blok basis data
Merupakan kumpulan dari file data yang saling berhubungan dan diorganisasi sedemikian rupa agar dapat diakses dengan mudah dan cepat.
f)       Blok kendali
Pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal – hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah atau bila terlanjur terjadi kesalahan dapat langsung diatasi.

0 Response to "Konsep Dasar Sistem informasi"

Post a Comment