Pengertian sistem 'Tekhnik Informatika' | Tugas Kuliah

Pengertian sistem 'Tekhnik Informatika'


Pengertian Sistem

Dalam mendefinisikan sebuah sistem dilakukan dua pendekatan yaitu dengan pendekatan yang menekankan pada prosedur dan menekankan pada komponen atau elemen.

            Pendekatan yang menekankan pada prosedur mendefinisikan sistem sebagai berikut : “Sistem adalah suatu jaringan kerja dan prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu”. Sedangkan pendekatan yang menekankan pada elemen dan komponen mendefinisikan sistem sebagai berikut : “Sistem adalah kumpulan dari elemen elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu”. (Jogiyanto.HM,2005:1)

Klasifikasi Sistem

Sistem merupakan suatu bentuk integrasi antara suatu komponen dengan komponen yang lainnya. Karena sistem memiliki sasaran yang berbeda untuk setiap kasus yang terjadi yang ada dalam sistem tersebut. Oleh karena itu sistem dapat diklasifikasikan dalam beberapa sudut pandang seperti (Jogiyanto.HM,2005:6) :

1.      Sistem abstrak dan sistem fisik
Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide ide yang tidak tampak secara fisik. Sedangkan sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik

2.      Sistem alamiah atau sistem buatan manusia
Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat oleh manusia. Sistem buatan manusia adalah sistem yang melibatkan hubungan manusia dengan mesin yang disebut dengan human machine system.
3.      Sistem tertentu (deterministic system) dan sistem tak tertentu (probabilistic system)
Sistem tertentu adalah system yang beroperasi dengan tingkah laku yang dapat di prediksi, sedangkan sistem tak tentu adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat di prediksi karena mengandung unsur probabilitas.
4.      Sistem terbuka dan sistem tertutup
Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan dipengaruhi lingkungan luarnya. Sedangkan sistem tertutup merupakan sistem yang tidak terhubung dan tidak di pengaruhi oleh lingkungan luarnya.

0 Response to "Pengertian sistem 'Tekhnik Informatika'"

Post a Comment