Sonder 'Sastra Inggris' | Tugas Kuliah

Sonder 'Sastra Inggris'

Sonder Semut Pekerja

Disuatu masa dalam lubang nan jauh ke dalam, berdirilah sebuah kerajaan semut. Kerajaan ini dipimpn oleh Ratu semut. Semut-semut itu mempunyai kewajiban dan tugas-tugas yang sudah dibagi rata. Sonder rasa cemburu mereka bekerja sesuai dengan tugas nya. Dengan ikhlas menjalani kewajiban sehari-hari, sonder niat dihati untuk merebut posisi satu sama lain.
Namun suatu hari seekor semut pekerja (sebut saja namanya Jeky) merasa bosan dan capek dengan pekerjaan nya yang selalu mengangkut-angkut bahan makanan tanpa henti. Ia iri dengan semut prajurit yang hanya berlatih dan mengawasi para pekerja. Setiap malam menjelang tidur teman sekamarnya, Jody (semut prajurit) menceritakan apa-apa yang ia lakukan sehari-hari. Terdengar menyenangkan dan santai. “mengapa aku tak dilahirkan sebagai semut prajurit?” batin Jeky dalam hati. “disini aku hanya mengangkut-angkut bahan makanan tanpa henti, sedang aku cukup berani untuk menjadi semut prajurit!” sahut nya lagi bernada meremehkan pekerjaannya.
Makin hari niat Jeky makin bulat hendak menjadi semut prajurit seperti Jody. Ia pun mulai berlatih dan mulai sering meninggalkan kewajiban nya. Pertama-tama ia berlatih lari, lalu strategi dan kemudian berlatih menggunakan senjata. Semut-semut tak menyadari akan keabsenan nya. Berhasil hingga tak ada beda ia dengan prajurit lainnya. Jadi lah ia semut prajurit ilegal.
Suatu hari kerajaan itu diserang. Saat itu para prajurit sedang mengadakan pelatihan di luar lubang, diikuti pesta perayaan ulang tahun pasukan. Dalam peperangan itu banyak pekerja yang mati. Penyetokan bahan makanan terhenti. Prajurit tak menyadari, hingga mereka kembali pulang. Terkejut mereka saat melihat keadaan istana. Ratu pun telah menghilang tanpa jejak. Musim dingin pun tiba. Kini hidup mereka tergantung pada sisa stok bahan makanan yang ada karena tak ada satu pekerja pun yang tersisa. Ternyata tanpa pekerja semut tak punya apa-apa.
The End..

Nilai moral yang dapat diambil : Percaya diri dan jadilah diri sendiri meski tak istimewa dipandang orang, Jangan meremehkan kebaikan/hal kecil, bekerja keraslah, jangan pantang menyerah, walau sulit harus mencoba.

0 Response to "Sonder 'Sastra Inggris'"

Post a Comment