Tugas Mata Kuliah Psikologi Umum 2 | Tugas Kuliah

Tugas Mata Kuliah Psikologi Umum 2

Nama : SALSABILA PAHALA FIJANNATI
NPM : 19514959
Kelas : 1PA04

Ingatan: Deja Vu

Deja vu adalah kita mengenali dan merasa akrab dengan seseorang atau situasi tertentu, tapi kita tidak tahu sejak kapan dan bagaimana kita akrab dengan seseorang atau situasi tersebut.
Contohnya: Beberapa bulan yang lalu, saya mengikuti seminar tentang Hypnotherapy, ketika saya dalam perjalanan pulang saya membaca - baca modul dari seminar tersebut bersama teman saya. Tiba-tiba saya merasakan seperti saya pernah melakukan kegiatan yang sama seperti ini, dengan baju yang sama, dan lokasi yang sama. Lalu saya berkata kepada teman saya “Ihkayanya pernah kayak gini deh”. Kemudian teman saya berkata “Deja vu tuh!”.
Pada awalnya, beberapa ilmuwan beranggapan bahwa deja vu terjadi ketika sensasi optik yang diterima oleh sebelah mata sampai ke otak (dan dipersepsikan) lebih dulu daripada sensasi yang sama yang diterima oleh sebelah mata yang lain, sehingga menimbulkan perasaan familiar pada sesuatu yang sebenarnya baru pertama kali dilihat. Teori yang dikenal dengan nama “optical pathway delay” ini dipatahkan ketika ditemukan bahwa orang butapun bisa mengalami deja vu melalui indra penciuman, pendengaran, dan perabaannya.
Sebuah jurnal oleh psikolog Anne Cleary M. dari Colorado State University yang diterbitkan dalam Current Directions in Psychological Science menggambarkan temuan tentang deja vu, termasuk banyaknya kesamaan antara deja vu dan memori rekognisi.
Recognition Memory adalah sebuah jenis memori yang menyebabkan kita menyadari bahwa apa yang kita alami sekarang sebenarnya sudah pernah kita alami sebelumnya. Otak kita berfluktuasi antara dua jenis Recognition memory, yaitu Recollection dan Familiarity. Kita menyebut sebuah ingatan sebagai Recollection (pengumpulan kembali) jika kita bisa menyebutkan dengan tepat seketika itu juga kapan situasi yang kita alami pernah muncul sebelumnya. Sedangkan ingatan yang disebut Familiarity muncul ketika kita tidak bisa menyebut dengan pasti kapan kita melihat pria tersebut. 
Deja Vu adalah contoh Familiarity.
Namun menurut Sigmund Freud yang sering dijuluki sebagai bapak psikoanalisa pernah meneliti mengenai fenomena ini dan ia percaya bahwa seseorang akan mengalami Deja Vu ketika ia secara spontan teringat dengan sebuah ingatan bawah sadar. Karena ingatan itu berada pada area bawah sadar, isi ingatan tersebut tidak muncul karena dihalangi oleh pikiran sadar, namun perasaan familiar tersebut bocor keluar.

Emosi Wanita yang Tidak Stabil Saat PMS (PraMenstrual Syndrome)

Menstruasi adalah sebuah siklus normal pada wanita yang terjadi setiap bulan. Saat menstruasi wanita akan mengeluarkan darah dari vagina dengan kuantitas yang berbeda-beda antara satu wanita dengan wanita lainnya. 
Pada saat menjelang menstruasi wanita akan mengalami beberapa gejala yang disebut PraMenstrual Syndrome (PMS), seperti:
l Merasa sedih atau depresi
l Sering uring-uringan
l emosi yang tidak stabil (mudah marah, dll.)
l Sulit berkonsentrasi
l Mudah menangis
l Kecemasan berlebihan
l Linglung dan pelupa
l Turunnya rasa percaya diri 
Contohnya: Suatu hari saya mendapatkan tugas yang cukup banyak dari beberapa dosen. Waktu itu tanggal menjelang saya datang bulan (PMS). Pada malam harinya saat saya sedang mengerjakan tugas-tugas tersebut, saya tiba-tiba menangis. Lalu saya bertanya pada diri saya sendiri, “Kenapa hanya karena tugas yang banyak saya bisa  sampai  menangis seperti ini?”. Dan akhirnya saya berpikir, “Mungkin dikarenakan saya sedang PMS menyebabkan emosi saya yang tidak stabil, merasa sedih dan mudah menangis”.
Beberapa peneliti dari Universitas California, Amerika Serikat merilis hasil penelitian mereka bahwa penyebab emosi wanita tidak stabil menjelang mentsruasi ternyata bukan hormon, melainkan karena terjadinya respon sel otak yang disebut reseptor GABA. Fungsi sel GABA pada otak adalah untuk membatasi aktivitas­aktivitas yang terkait dengan stres dan kecemasan.
Namun, ada juga yang berpendapat bahwa penyebab emosi wanita tidak stabil saat PMS disebabkan oleh produksi hormon yang meningkat didalam tubuh wanita. Bukan hanya hormon yang mempengaruhi ketidakstabilan emosi wanita tetapi yang paling umum yaitu rasa sakit yang dialami wanita pada area perut dan panggul saat peluruhan darah yang terjadi pada dinding rahim. Sehingga wanita mudah marah tanpa sebab, mudah tersinggung, cemberut, dan cenderung saat berbicara menggunakan nada tinggi. Rasa sakit yang dialami oleh wanita memang berbeda-beda namun rasa sakit yang dialami itu sudah cukup membuat wanita tidak tahan dan akhirnya terjadi emosi tidak stabil.
Emosi ini termasuk dalam emosi yang sesaat.
Beberapa tips untuk mengatasi emosi yang tidak stabil adalah:
ü Rileksasi, melakukan aktifitas yang bisa membuat tubuh santai dan tidak tegang.
ü Makanan, perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur berwarna hijau untuk mendapatkan nutrisi yang cukup dan hindari alkohol, rokok dan makanan yang mengandung kafein.
ü Istirahat, tubuh yang terus dipaksa melakukan pekerjaan melebihi kapasitasnya cenderung stres dan tidak stabil.
ü Curhat, jika emosi sudah tak tertahankan, ada baiknya anda mulai mencari teman ngobrol untuk sekedar melupakan apa yang membuat anda marah.

Sumber : http://salsabilapahalaf.blogspot.com/2015/05/tugas-mata-kuliah-psikologi-umum-2.html?m=1

0 Response to "Tugas Mata Kuliah Psikologi Umum 2"

Post a Comment